Rabu, 26 Agustus 2015

5 Trik Mencegah Penyakit Ginjal

5 Trik Mencegah Penyakit Ginjal

 Ginjal ialah organ  se gede kepalan tangan yang terletak di bagian bawah tulang rusuk dan kedua sisi tulang belakang. Fungsi ginjal dr rochelle skin expert antara lain menyaring hasil buangan, kelebihan air, dan kotoran dalam darah. Hasil buangan ini disimpan di dalam kandung kemih yang seterusnya dikeluarkan melalui urin.
dr rochelle skin expert

 Ginjal akan menurun kinerjanya pada saat usia satu orang menginjak 30-40 tahun. Setiap th setelah umur 30 thn, fungsi ginjal menurun hingga 10%. Penyakit seperti diabetes dan hipertensi akan menyebabkan penyakit ginjal. Bahkan penyakit ginjal bisa semakin parah bila berjalan tidak berhasil ginjal yang memerlukan adanya dialysis atau cuci darah buat mengatasinya.
 Kunci pencegahan atau penundaan penyakit ginjal parah merupakan deteksi dini di mana masih ada ketika untuk memperlambat progres tak sukses ginjal. Dikarenakan ginjal merupakan organ yang teramat penting bagi tubuh buat menyaring kotoran dalam darah, maka amat penting serta buat menjaga ginjal konsisten sehat. Hindari risiko penyakit ginjal dengan cara berikut ini.

 1. Kontrol Diabetes, Hipertensi, dan Penyakit jantung
Pada rata rata kasus, penyakit ginjal disebabkan oleh penyakit yang bersumber dari diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung. Maka dari itu, mengatur kadar gula, kolesterol, dan tekanan darah yang serta dibarengi dgn diet sehat, olahraga, dan perawatan medis teramat utama dilakukan untuk menghindari adanya penyakit ginjal.

 2. Kurangi Asupan Sodium
banyak orang yang mengonsumsi lebih banyak sodium daripada yang dipakai tubuh. Padahal, secara ideal, 1 sendok makan atau 2.300 miligram garam ialah jumlah yang dianjurkan. Kandungan sodium banyak sekali ditemukan pada junk food dan makanan olahan. Waspadalah pada asupan sodium Anda lantaran sodium meningkatkan tekanan darah dan memicu pembentukan batu ginjal.

 3. Hindari Alkohol dan Rokok
 Berlebihan dalam mengonsumsi alkohol mampu mengganggu keseimbangan elektrolit tubuh dan kontrol hormon yang mempengaruhi fungsi ginjal. Sedangkan, meskipun merokok tidak dgn trik lansung berhubungan dgn masalah ginjal, tetapi rokok dapat mengurangi fungsi ginjal secara signifikan. Tak Cuma itu, dampak negatifnya kepada kesehatan jantung pula dapat memperburuk masalah ginjal.

 4. banyak Minum Air Putih
 Dehidrasi bisa merusak ginjal, jadi pastikan tubuh tetap hidrasi. Dgn banyak minum air putih maka bisa mendorong tubuh utk buang air kecil dan meringankan ginjal membuang seluruhnya racun di tubuh. di luar itu, air serta menunjang tubuh menjaga volume darah, melancarkan pencernaan, dan mengatur suhu tubuh. 8-10 gelas air putih per hari yaitu wajib seandainya Anda ingin masihlah sehat.

 5. Hati-Hati Mengkonsumsi Obat atau Suplemen
Jikalau Anda sering mengonsumsi obat, pastikan Anda mengikuti anjuran dosis yang dianjurkan. Terlalu banyak mengkonsumsi aspirin, acetaminophen, atau ibuprofen dapat merusak ginjal. Atau seandainya Anda menyukai mengonsumsi suplemen vitamin atau suplemen herbal, teliti juga terhadap dosis yang dianjurkan. Jumlah vitamin atau ekstrak tanaman tertentu secara berlebihan juga berakibat pada kerusakan ginjal. Maka, konsultasikan pada dokter tentang risiko penyakit ginjal jika Anda ingin konsumsi obat atau suplemen tersebut.

 5 Cara Mencegah Penyakit Ginjal

 Ginjal yakni organ se akbar kepalan tangan yang terletak di bagian bawah tulang rusuk dan kedua segi tulang belakang. Fungsi ginjal antara lain menyaring hasil buangan, kelebihan air, dan kotoran dalam darah. Hasil buangan ini disimpan di dalam kandung kemih yang selanjutnya dikeluarkan melalui urin.
 Ginjal akan menurun kinerjanya pada kala usia seseorang menginjak 30-40 thn. Setiap tahun setelah umur 30 th, fungsi ginjal menurun hingga 10%. Penyakit seperti diabetes dan hipertensi akan menyebabkan penyakit ginjal. Bahkan penyakit ginjal bakal semakin parah seandainya berjalan tak sukses ginjal yang memerlukan adanya dialysis atau cuci darah untuk mengatasinya.
 Kunci pencegahan atau penundaan penyakit ginjal parah merupakan deteksi dini dimana terus ada disaat untuk memperlambat progres gagal ginjal. Dikarenakan ginjal yaitu organ yang amat mutlak bagi tubuh utk menyaring kotoran dalam darah, maka teramat mutlak serta utk menjaga ginjal konsisten sehat. Hindari risiko penyakit ginjal dengan cara berikut ini.

 1. Kontrol Diabetes, Hipertensi, dan Penyakit jantung
Pada kebanyakan kasus, penyakit ginjal disebabkan oleh penyakit yang bersumber dari diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung. Maka dari itu, mengatur kadar gula, kolesterol, dan tekanan darah yang juga dibarengi dgn diet sehat, olahraga, dan perawatan medis sangat penting dilakukan utk menghindari adanya penyakit ginjal.

 2. Kurangi Asupan Sodium
banyak orang yang mengkonsumsi lebih banyak sodium daripada yang dimanfaatkan tubuh. Padahal, secara ideal, 1 sendok makan atau 2.300 miligram garam adalah jumlah yang dianjurkan. Kandungan sodium banyak sekali ditemukan kepada junk food dan makanan olahan. Waspadalah pada asupan sodium Anda lantaran sodium meningkatkan tekanan darah dan memicu pembentukan batu ginjal.

 3. Hindari Alkohol dan Rokok
 Berlebihan dalam konsumsi alkohol bisa mengganggu keseimbangan elektrolit tubuh dan kontrol hormon yang mempengaruhi fungsi ginjal. Sedangkan, meski merokok tidak dgn kiat lansung berhubungan dengan masalah ginjal, tapi rokok dapat mengurangi fungsi ginjal secara signifikan. Tak Hanya itu, efek negatifnya kepada kesehatan jantung pula bisa memperburuk masalah ginjal.

 4. banyak Minum Air Putih
 Dehidrasi sanggup merusak ginjal, jadi pastikan tubuh tetap hidrasi. Bersama banyak minum air putih maka akan mendorong tubuh untuk buang air kecil dan meringankan ginjal membuang seluruh racun di tubuh. di luar itu, air serta membantu tubuh menjaga volume darah, melancarkan pencernaan, dan mengatur suhu tubuh. 8-10 gelas air putih per hari ialah wajib seandainya Anda ingin masihlah sehat.

 5. Hati-Hati Konsumsi Obat atau Suplemen
Apabila Anda sering konsumsi obat, pastikan Anda mengikuti pedoman dosis yang dianjurkan. Terlalu banyak mengkonsumsi aspirin, acetaminophen, atau ibuprofen bisa merusak ginjal. Atau bila Anda senang mengonsumsi suplemen vitamin atau suplemen herbal, teliti pula pada dosis yang dianjurkan. Jumlah vitamin atau ekstrak tanaman tertentu secara berlebihan juga berakibat pada kerusakan ginjal. Maka, konsultasikan kepada dokter berkaitan risiko penyakit ginjal jika Anda ingin mengonsumsi obat atau suplemen tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog